Kurikulum
Madrasah Diniyah
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH
DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT
AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Fikih
Jumlah Jam
Pelajaran : 18 jam / minggu
Waktu : 40 Menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar tentang dasar-dasar ilmu fikih dan
mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami rukun Islam yang pertama
(syahadatain)
|
1.1.
Melafalkan dua kalimat syahadat dengan fasih.
1.2.
Menjelaskan pengertian syahadat Tauhid.
1.3.
Menjelaskan pengertian syahadat Rasul.
1.4. Dapat
membedakan syahadat Tauhid dan Syahadat Rasul.
1.5. Terbiasa
membaca dua kalimat syahadat
|
2. Memahami konsep thaharah
|
2.1.
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum thaharah.
2.2.
Menyebutkan ketentuan thaharah dalam Islam.
2.3.
Menyebutkan tujuan dan hikmah thaharah.
2.4. Mempraktikkan
cara bersuci (wudhu, tayammum, istinja’ dan mandi janabah).
|
3. Memahami
tata cara berwudhu, tayammum, istinja’ dan mandi janabah
|
3.1.
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum wudhu, tayammum, istinja’ dan
mandi janabah.
3.2.
Menyebutkan ketentuan berwudhu, tayammum, istinja’ dan mandi janabah.
3.3.
Menjelaskan tujuan dan hikmah wudhu tayammum, istinja’ dan mandi
janabah.
3.4.
Mempraktikkan cara berwudhu, tayammum istinja’ dan mandi janabah
dengan benar.
|
4. Memahami
tata cara adzan dan iqamah
|
4.1.
Melafalkan bacaaan adzan dan iqamah dengan baik.
4.2.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum azan dan iqamah.
4.3.
Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah.
4.4.
Mempraktikkan azan dan iqamah.
|
5. Menguasai
bacaan-bacaan dalam shalat.
|
5.1. Menghafal bacaan-bacaan shalat.
5.2 Memahami arti setiap bacaan shalat.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami Tata Cara Shalat Maktubah
|
1.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat.
1.2. Menjelaskan
ketentuan shalat.
1.3.
Menyebutkan jenis-jenis shalat maktubah.
1.4.
Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat.
1.5.
Mempraktikkan tata cara shalat beserta bacaannya.
|
2. Memahami tata cara shalat sunnah
|
2.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat sunnah.
2.2.
Menjelaskan ketentuan dan macam-macam shalat sunnah.
2.3.
Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat sunnah.
2.4.
Mempraktikkan shalat sunnah.
|
3. Memahami
tata cara shalat jamak dan qashar
|
3.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat jamak dan qashar.
3.2.
Menjelaskan ketentuan shalat jamak dan qashar.
3.3.
Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat jamak dan qashar.
3.4.
Mempraktikkan tatacara shalat jamak dan qashar.
|
KELAS III (ULA / AWALIYAH) semester
1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami ajaran Islam tentang zakat mal
|
1.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum zakat mal.
1.2.
Menyebutkan macam-macam zakat mal.
1.3.
Menjelaskan ketentuan tentang zakat mal..
1.4.
Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat mal.
|
2. Memahami
ajaran Islam tentang zakat fitrah
|
2.1.
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum zakat fitrah.
2.2.
Menjelaskan ketentuan tentang zakat fitrah.
2.3.
Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat fitrah..
|
3. Memahami
ajaran Islam tentang infak, shadaqah, dan wakaf
|
3.1. Zakat
menjelaskan pengertian dan dasar hukum infak, shadaqah, dan waqaf.
3.2.
Menyebutkan ketentuan tentang infak shadaqah, dan waqaf.
3.3.
Menjelaskan tujuan dan hikmah infak shadaqah dan waqaf.
|
KELAS IV (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami ajaran Islam tentang haji dan
umroh
|
1.1.
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum haji dan umroh.
1.2.
Menjelaskan tujuan dan hikmah ibadah haji dan umroh.
1.3.
Mempraktikkan manasik haji dan umroh.
1.4.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan etos ibadah haji dan umroh.
|
2. Memahami
jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan haram
|
2.1.
Menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan haram.
2.2.
menyadari pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan
halal.
2.3.
Membiasakan memakan makanan dan minuman yang halal dan menghindari
makanan dan minuman yang haram.
|
3. Mengetahui
jenis-jenis hewan yang halal dan haram dikonsumsi serta memahami cara penyembelihannya.
|
3.1.
Menyebutkan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dikonsumsi.
3.2.
Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan.
3.3.
Menyebutkan hewan yang halal dan yang perlu disembelih dan yang tidak
perlu disembelih.
3.4.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap sayang terhadap binatang.
3.5.
Menunjukan perilaku yang mencerminkan sikap sayang terhadap binatang
3.6. Terbiasa
menyembelih dengan sesuai dengan syariat mengemukakan dalil-dalil menjelaskan
disyariatkannya qurban, aqiqah dan khitan.
|
4. Memahami
ajaran Islam tentang qurban, aqiqah dan khitan
|
4.1.
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum qurban, aqiqah, dan khitan
4.2.
Menyebutkan ketentuan dan tatacara qurban, aqiqah dan khitan
4.3.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjunjung tinggi nilai
dan hikmah disyariatkannya qurban, aqiqah dan khitan
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH
DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT
AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Al- Qur’an
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang
al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Hafal Surah al-FAtihah
|
1.1.
Membacakan dengan makhrijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar
(fasih dan tartil)
1.2.
Mempertebal/memperjelas teks surah al-Fatihah dengan baik dan benar.
1.3.
Mengetahui arti surah al-fatihah dengan baik.
|
2. Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dan
bersambung
|
2.1. Menulis
huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar.
2.2. Menulis
huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar.
|
3. Hafal
Surah al-Ikhlas
|
3.1. Membaca
dengan makhrjul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
3.2.
Mempertebal/memperjelas teks surah al-Ikhlas dengan baik dan benar.
3.3.
Mengetahui arti Surah al-Ikhlas dengan baik.
|
4. Memahami
kaidah ilmu tajwid
|
4.1.
Mengetahui kaidah bacaan idghom, ikhfa’, qolqolah dan lainnya.
4.2. mengenal
bacaan wakaf dan wasal.
4.3.
Mempraktikkan bacaan al-Qur’an sesuai kaidah tajwid..
|
KELAS II, Semester 1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Hafal Surah al-Nas
|
1.1. Membaca
dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tarti)
1.2. Menulis
kembali surah al-Nas dengan Khot yang benar.
1.3. Mengetahui
arti surah al-Nas dengan baik.
|
2. Hafal Surah al-Falaq
|
2.1. Membaca
dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
2.2. Menulis
kembali surah al-Falaq dengan khot yang benar.
2.3.
Mengetahui arti surah al-Falaq dengan baik..
|
3. Memahami
kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1.
Mengenal tanwin dan nun mati
3.2. Mengenal
hukum idzhar tanwin dan nun mati.
3.3.
Mengidentifikasi bacaan idzhar dalam al-Qur’an.
|
KELAS III, Ssemester 1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Hafal surah al-Fill
|
1.1. Membaca
dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2. Menulis
kembali surah at-Fill dengan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
1.3.
Menghafal Surah At-Fill dengan lancar
1.4.
Menjelaskan kandungan Surah At-Fill secara sederhana.
|
2. Hafal
surah takatsur
|
2.1. Membaca
dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
2.2. Menulis
kembali surah at-Takatsur dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
2.3.
Menghafal Surah at-Takatsur dengan benar.
2.4.
Menjelaskan kandungan Surah at-Takatsur secara sederhana.
|
3. Memahami
kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1. Mengenal
hukum idgham bila ghunnah tanwin dan nun mati.
3.2.
Mempraktikkan bacaan idgham bila ghunnah
3.3.
Mengidentifikasi bacaan idgham bila ghunnah.
|
4. Memahami
kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
4.1. Mengenal
hukum idgham bila ghunnah tanwin dan nun mati.
4.2. Mempraktikkan
bacaan iqlab.
4.3.
Mengidentifikasi bacaan iqlab.
|
5. Hafal
Surah al-Qari’ah
|
5.1. Membaca
dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
5.2. Menulis
kembali surah al-Qari’ah dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
5.3.
Menghafal surah al-Qari’ah dengan lancar.
5.4
Menjelaskan kandungan surah al-Qari’ah secara sederhana
|
KELAS IV, Semester 1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Hafal Surah at- Tin
|
1.1. Membaca
dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2. Menulis
kembali surah at-Tin dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
1.3.
Menghafal surah at-Tin dengan lacar.
1.4.
Menjelaskan kandungan surah at-Tin secara sederhana.
|
2. Hafal
Surah Insyirah
|
2.1. Membaca
dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
2.2. Menulis
kembali surah al-Insyirah dan menterjemahkannya kedalam bahasa Indonesia.
2.3.
Menghafal surah al-Insyirah dengan lancar.
2.4.
Menjelaskan kandungan surah al-Insyirah dengan baik.
|
3. Memahami
kaidah ilmu tajwid tentang mim dan nun bertasydid.
|
3.1. Mengenal
huruf ghunnah
3.2.
Mempraktikkan bacaan ghunnah.
3.3. Mengidentifikasi bacaan ghunnah.
|
4. Memahami
kaidah ilmu tajwid tentang mim mati.
|
4.1. Mengenal
hukum ikhfa’syafawi mim mati.
4.2.
Mempraktikkan bacaan ghunnah.
4.3.
Mengidentifikasi bacaan ikhfa’syafawi.
|
5. Memahami
kaidah ilmu tajwid tentang mim mati.
|
5.1. mengenal
hukum idgham mutamatsilain mim mati.
5.2.
Mempraktikkan bacaan idgham mutamatsilain mim mati.
5.3.
Mengidentifikasi bacaan idgham mutamatsilain.
|
6. Hafal
Surah al Alaq
|
6.1. Membaca
dengan makharijul huruh yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
6.2. Menulis
kembali surah al-Alaq dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
6.3. Menghafal surah al-Alaq dengan lancar.
6.4.
Menjelaskan kandungan surah al-Alaq dengan sederhana.
|
7. Memahami
Surah al-Dhuha
|
7.1. Membaca
dengan makharijul huruh yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
7.2. Menulis kembali surah al-Dhuha dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
7.3. menghafal surah al-Dhuha dengan lancar.
7.4.
menjelaskan kandungan surah al-dhuha dengan sederhana.
|
8. Memahami
kaidah ilmu tajwid tentang mad.
|
8.1. Mengenal
hukum mad thabi’i
8.2.
Mempraktikkan bacaan mad wajib muttashil.
8.3.
Mengidentifikasi bacaan mad wajib muttashil
|
9. Memahami
kaidah ilmu tajwid tentang mad.
|
9.1. Mengenal
hukum mad wajib muttashil
9.2.
mempraktikkan bacaan mad wajib muttashil.
9.3. Mengidentifikasi bacaan mad wajib muttashil.
|
10. Mengenal kaidah ilmu tajwid tentang mad.
|
10.1. Mengenal hukum mad jaiz munfashil.
10.2. Mempraktikkan bacaan mad jaiz munfashil.
10.3. Mengidentifikasi bacaan mad jaiz munfashil.
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH
DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT
AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Hadis
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam
lingkup Hadis dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH ULA / AWWALIYAH
KELAS I, semester 1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang
kebersihan dengan fasih dan benar
|
1.1.
Menghafal hadis-Hadis pendek tentang urgensi kebersihan.
1.2.
Menerjemahkan dan mempertebal / memperjelas teks hadis tentang
kebersihan.
1.3.
Menampilkan prilaku bersih di lingkungan sekitar..
|
2.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban menghormati orang tua
|
2.1.
Menghafal hadis-hadis pendek tentang kewajiban menghormati orang tua.
2.2.
Menerjemahkan dan mempertebal\ memperjelas teks hadis tentang
kewajiban menghormati orang tua.
2.3.
Menunjukkan sikap menghormati orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban bertakwa.
|
3.1.
Menghafal hadis-hadis pendek tentang kewajiban bertakwa.
3.2.
Menerjemahkan dan mempertebal / memperjelas teks hadis tentang
kewajiban bertakwa.
3.3.
Menunjukkan cirri-ciri orang yang benar-benar bertakwa secara
sederhana.
3.4.
Menampilkan prilaku bertakwa di mana saja berada.
|
4.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang salat berjamaah, dan cirri-ciri
orang munafik.
|
4.1.
Menghafal hadis –hadis pendek tentang keutamaan salat berjamaah dan
cirri-ciri orang munafik.
4.2.
Mempertebal / memperjelas teks hadis tentang keutamaan shalat
berjamaah dan cirri-ciri orang munafik.
4.3.
Menunjukkan kegemaran shalat berjamaah setiap hari.
4.4.
Menampilkan prilaku jujur dan amanah.
|
KELAS II, Semester 1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang
beberapa akhlak mulia.
|
1.1.
Menghafal hadis tentang wajib hidup jujur dan menjauhi sifat pembohong
dan penghianat.
1.2.
Menterjemahkan hadis tentang wajib hidup jujur dan menjauhi sifat
pembohong dan penghianat.
1.3.
Menerapkan hidup jujur dan menjauhi sifat bohong dan khianat.
1.4. Menulis
kembali hadis-hadis pendek tentang macam-macam akhlak al-karimah dan akhlak
al-madzmumah.
1.5.
Menunjukkan sikap berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
1.6.
Melaksanakan aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku di keluarga
dan masyarakat.
|
2.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban bersikap toleransi
dan saling menghargai.
|
2.1. Menulis
kembali hadis tentang pentingnya sikap toleransi dan saling menghargai.
2.2.
menghafal hadis tentang pentingnya sikap toleransi dan saling
menghargai.
2.3.
Menunjukkan contoh sikap-sikap toleransi dan saong menghargai.
2.4.
Melaksanakansikap-sikap toleransi dengan saling menghargai di mana
saja berada.
|
3. Melafazkan
hadis-hadis pendek tentang kewajiban patuh terhadap kepada guru.
|
3.1.
Menghafal teks hadis tentang kewajiban taat kepada guru.
3.2.
Menterjemahkan teks hadis tentang kewajiban taat kepada guru.
3.3. Mengenal
nilai kepatuhhan, kedisiplinan dan senang belajar dalam kehidupan
sehari-hari.
3.4.
Melaksanakan perilaku patuhh, sopan, tawadlu’ dan disiplin di mana
saja berada.
|
KELAS III, Ssemester 1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami makna hadis persaudaraan,
silaturrahim dan persahabatan.
|
1.1.
Menghafal bunyi hadis tentang kewajiban ukhuwah islamiyah,
silaturrahim dan persahabatan.
1.2.
Menterjemahkan hadis tentang kewajiban ukhuwah islamiyyah,
silaturrahim dan persahabatan.
1.3. Mengenal
kandungan makna silaturrahim dan hubungannya dengan ukhuwah al slamiyyah.
1.4.
Mengamalkan kegiatan silaturrahim dan persahabatan sejati (al-hubb fillah) dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2. Memahami
hadis tentang rukun Iman.
|
2.1.
Menghafal bunyi hadis tentang 6 rukun iman.
2.2.
menterjemahkan serta menulis kembali hadis tentang 6 rukun iman
2.3.
Memberikan contoh hidup beriman kepada Allah, Malaikat,
Kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, Hari Kiamat dan Takdir Allah SWT di mana
saja berada.
|
3. Memahami
hadis tentang pentingnya sikap pemaaf dan penyayang kepada sesama makhluk
Allah.
|
3.1.
Menghafal teks hadis tentang kewajiban bersikap pemaaf dan penyayang
kepada sesama makhluk Allah SWT.
3.2.
Menterjemahkan hadis tentang kewajiban bersikap pemaaf dan penyayang
kepada sesama makhluk Allah SWT.
3.3.
Memberikan contoh sikap pemaaf dan penyayang, baik kepada sesama
manusia, tumbuhan dan hewan.
3.4.
Menampilkan perilaku pemaaf dan penyayang baik kepada sesama manusia,
tumbuhan dan hewan.
|
4. Memahami
hadis tentang muslim/muslimah yang paling baik.
|
4.1.
Menghafal teks hadis tentang sebaik-baiknya manusia adalam yang paling
bermanfaat bagi manusia lainnya.
4.2.
Menterjemahkan hadis tentang sebaik-baik manusia adalam paling
bermanfaat bagi manusia lainnya..
4.3. Mengenal
jati diri muslim/muslimah yang baik, seperti toleransi (at-Tasamuh), adil
(Ad-Adl), dan moderat (At- Tawassuth) kepada sesama makhluk Allah.
4.4.
Menampilkan rasa bangga sebagai muslim/muslimah Indonesia.
|
KELAS IV, Semester 1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mamahami hadis tentang rukun Islam..
|
1.1.
Menghafal teks hadis tentang 5 rukun Islam.
1.2.
Menterjemahkan hadis tentang 5 rukun Islam
1.3.
Memberikan contoh hubungan Iman dengan Islam dalam kehidupan
sehari-hari..
1.4.
Menerapkan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari.
|
2. Memahami
hadis tentang ihsan
|
2.1.
Menghafal teks hadis tentang Ihsan.
2.2.
Menterjemahkan hadis tentang Ihsan
2.3.
Menerapkan nilai-nilai Ihsan dalam bermain/bergaul, belajar, beribadah
dan berhubungan sosial.
2.4.
Melaksanakan Ihsan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3. Memahami
hadis tentang salat berjamaah
|
3.1.
Menghafal teks hadis tentang salat berjamaah.
3.2.
Menterjemahkan hadis tentang salat berjamaah.
3.3. Menulis kembali hadis tentang salat
berjamaah.
3.4. Membiasakan shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami
hadis tentang menyayangi anak yatim.
|
4.1.
Menghafal teks hadis tentang menyayangi anak yatim.
4.2.
Menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim.
4.3. Menulis
kembali hadis tentang kewajiban menyayangi anak yatim.
4.4. Menjelaskan
isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim secara sederhana..
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH
DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT
AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akidah
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami hakikat Tauhid kepada Allah SWT.
|
1.1.
Menjelaskan makna dasar Tauhid.
1.2.
Menjelaskan pengertian dan cakupan tauhid kepada Allah SWT.
1.3.
Melaksanakan Perilaku “tauhidy” dalam
kehidupan keseharian.
|
2. Memahami
serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin
|
2.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Allah sebagai Rabbul ‘Alamin
2.2.
Menjelaskan perbedaan Kholiq dan Makhuq mengenali Dzat, Sifat dan
Af’al-Nya.
2.3.
Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat wajib Allah (sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani, dan
Ma’nawiyah). Sifat Mustahil bagi Allah dan Sifat Jaiz bagi Allah.
2.4.
Menjelaskan makna al Asma’ al Husna dan implementasinya bagi manusia
sebagai makhluk Allah Rabbul ‘Alamin.
2.5.
Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah SWT.
|
3. Memahami
kebesaran Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.
Menjelaskan makna dan implementasi dzikrullah.
3.2.
menjelaskan makna dan implementasi tafakkur
dan tadabbur.
3.3.
Melaksanakan perilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari..
|
4. Memahami
dan mengimani Malaikat Allah
|
4.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Malaikat Allah SWT.
4.2.
Menguraikan tugas-tugas Malaikat Allah SWT.
4.3.
Menjelaskan perilaku dan sifat Malaikat Allah SWT.
4.4.
Menyebutkan dalil-dalil iaman kepada malaikat Allah.
4.5.
Melaksanakan perilaku Ta’abudy dalam kehidupan sehari-hari.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami dan meyakini/mengimani
kitab-kitab suci Allah
|
1.1.
Menyebutkan dalil tentang mu’jizat al-Qur’an.
1.2.
Menjelaskan hakikat kitab suci Allah.
1.3.
Menjelaskan hubungan ayat-ayat Qauliyah dan Kauniyah.
1.4.
Menjelaskan fungsi dan mu’jizat al-Qur’an.
1.5.
Mempraktekkan perilaku Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari..
|
2. Memahami Rasul-Rasul Allah.
|
2.1.
Menjelaskan makna dan misi kerasulan.
2.2.
Menjelaskan hubungan antara wahyu dan rasul.
2.3.
Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT.
2.4. Menyebutkan
Rasul-Rasul yang mendapat gelar Ulul ‘azmi.
2.5.
Menguraikan makna mu’jizat bagi para Rasul
2.6.
Menguraikan kerarulan Muhammad SAW sebagai khatamil anbiya wal
mursalin.
2.7.
Mempraktekkan perilaku mulia sebagaimana dicontohkan para Rasul.
|
3. Memahami
dan mengimani hari Akhir.
|
3.1.
Menyebutkan dalil tentang iman kepada hari akhir.
3.2.
Menjelaskan makna beriman kepada hari akhir.
3.3.
Menjelaskan tentang alam barzakh.
3.4.
Menguraikan tentang kebangkitan di akhirat (kebangkitan danperhitungan
amal)
3.5. Menjelaskan hakikat surga dan neraka.
3.6.
Menunjukkan sikap kehati-hatian dalam kehidupan sehari-hari.
|
4. Memahami
dan meyakini hakikat Qadha dan Qadar Allah.
|
4.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah.
4.2. Menjelaskan hubungan Qadha’ dan Qadar Allah
terhadap manusia
4.3.
Menjelaskan pentingnya memiliki etos kerja/berusaha dalam kehidupan.
4.4.
Menyebutkan dalil tentang iman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT.
|
KELAS III (ULA / AWALIYAH) semester
1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami dan menjelaskan bentuk-bentuk
tauhid dalam kehidpan sehari-hari.
|
1.1.
Menjelaskan relasi iman, Islam dan Ihsan.
1.2.
Menjelaskan hubungan fungsional antara Tauhid dan Akhlak.
1.3.
Menyebutkan dalil tentang hubungan Iman, Islam dan Ihsan.
1.4.
Menampilkan perilaku “tauhidy” dalam kehidupan keseharian.
|
2. Memahami
dan meyakini serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin.
|
2.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Allah sebagai Rabbul ‘Alamin.
2.2. Menjelaskan
perbedaan Kholiq dan makhluq mengenali Dzat, sifat, dan afal-Nya.
2.3.
Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat Wajib Allah (sifat Nafsiyah,
Salbiyah, Ma’ani dan Ma’Nawiyah), sifat Mustahil bagi Allah dan sifat Jaiz
bagi Allah.
2.4. Menjelaskan makna Al Asma’ al Husna dan
implementasinya bagi manusia sebagai makhluk Allah RAbbul ‘Alamin.
2.5
Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah SWT.
|
3. Memahami
dan meyakini kebesaran Allah dan mensikapinya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.
Menjelaskan makna dan impelmentasi dzikrullah.
3.2.
Menjelaskan makna dan implementasi tafakkur dan tadabbur.
3.3.
Menampilkan perilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
KELAS IV (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami dan meyakini serta mengimani
malaikat Allah
|
1.1.
Menjelaskan hakikat iman kepada Malaikat Allah SWT..
1.2.
Menguraikan tugas-tugas Malaikat Allah SWT.
1.3.
Menjelaskan perilaku dan sifat Malaikat Allah SWT.
1.4.
Menyebutkan dalil-dalil tentang iman kepada malaikat Allah SWT.
1.5. Menampilkan perilaku Taabbudy dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2. Memahami
dan meyakini/mengimani kitab-kitab suci Allah
|
2.1.
Menjelaskan hakikat kitab suci Allah.
2.2.
Menjelaskan hubungan ayat-ayat Qauliyah dan Kauniyah.
2.3.
Menjelaskan Mu’jizat al-Qur’an
2.4. Menyebutkan dalil tentang mu’jizat al-Qur’an.
|
3. Memahami
fungsi kitab suci Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.
Menjelaskan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.
3.2. Menampilkan perilaku Qur’ani dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4. Memahami
dan meyakini/mengimani Rasul-Rasul Allah.
|
4.1.
Menjelaskan makna dan misi kerasulan.
4.2.
Menjelaskan hubungan antara wahyu dan rasul.
4.3.
Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT.
4.4.
Menyebutkan rasul-rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi.
4.5.
Menguraikan makna mu’jizat bagi para Rasul.
4.6.
Menguraikan kerasulan Muhammad SAW sebagai khatamil anbiya wal
mursalin.
4.7.
Menyebutkan dalil tentang iman kepada rasul-rasul Allah.
|
5. Memahami
dan meneladani perilaku Rasul dalam kehidupan sehari-hari.
|
5.1.
Menjelaskan fungsi Rasul sebagai “uswatun hasanah”.
5.2.
Menjelaskan kerasulan Muhammad SAW. Sebagai rahmatan lil ‘alamin.
5.3.
Menampilkan perilaku mulia sebagaimana dicontohkan para Rasul.
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH
DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT
AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akhlak
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal perbuatan yang baik dan yang buruk
|
1.1.
Menampilkan perilaku sayang kepada diri sendiri.
1.2.
menampilkan perilaku sayang kepada teman.
1.3.
Menampilkan perilaku taat pada orang tua/guru.
1.4. Menjauhi
perilaku mengganggu orang lain.
1.5. Menjauhi
perilaku menyakiti orang lain
1.6. Menjauhi
perilaku membuat onar.
|
2. menghafal
doa-doa keseharian
|
2.1. Menyebut
doa mau makan di luar kepala.
2.2. menyebut
doa setelah makan diluar kepala
|
3. Mengenal
perbuatan yang baik dan yang buruk.
|
3.1.
Menamilkan perilaku sayang kepada tumbuh-tumbuhan.
3.2.
Menampilkan perilaku sayang kepada hewan/binatang.
3.3.
Menampilkan perilaku sopan pada orang tua/guru.
3.4. Menjauhi
perilaku menyakiti diri sendiri.
3.5. Menjauhi
perilaku menyakiti orang lain.
3.6. Menjauhi
perilaku menyakiti hewan/binatang.
37. Menjauhi
perilaku merusak tanaman.
|
4. Menghafal
doa-doa keseharian
|
4.1.
Menyebutkan doa mau masuk kamar mandi.
4.2.
Menyebutkan doa keluar dari kamar mandi.
4.3.
Menyebutkan doa mau tidur.
4.4. Menyebutkan doa bangun tidur.
4.5.
Menyebutkan doa untuk orang tua.
4.6.
Menyebutkan doa keselamatan di dunia dan akhirat.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal perbuatan yang baik dan yang
buruk serta menghafal dalilnya.
|
1.1. Mengenal
perbuatan baik yang disukai oleh orang lain (menolong, menyayangi,
menghormati, dan menghargai)
1.2. Menjauhi
perbuatan buruk yang tidak disukai oleh orang lain (mengganggu, menghina,
membentak, memukul dan menyakiti).
1.3.
Membiasakan perbuatan baik yang disukai oleh orang lain dimana saja
berada.
1.4.
Menjauhkan diri dari perbuatan buruk yang tidak disukai oleh orang
lain dimana saja berada.
1.5.
Menyebutkan dalil tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk.
|
2. Menghafal doa-doa keseharian.
|
2.1.
Menyebutkan doa ketika keluar rumah.
2.2.
Menyebutkan doa ketika tiba di rumah
2.3.
Menyebutkan doa mau belajar.
2.4.
Menyebutkan doa selesai belajar.
2.5.
Menyebutkan doa ketika bertemu dengan binatang.
2.6.
Menyebutkan doa ketika mendengar halilintar.
2.7.
Menyebutkan doa ketika melihat sesuatu yang mengagumkan.
|
3. Mengenal
akhlaq Islam
|
3.1.
Menyebutkan pengertian akhlak
3.2.
Menyebutkan dalil tentang pentingnya akhlaq.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menguasai 500-850 kosakata baru dengan
sturktur kalimat (tarkib al-kalimat) yang baik dan benar, sesuai dengan tema-tema
yang tersedia dalam materi pokok (keagamaan, social, budaya, ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni), santri didik memiliki skill untuk memahami
teks-teks berbahasa arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya’ muwajjah.
|
Dengan
menggunakan 62-106 mufradat baru dan sturktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk
:
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai tema
dalam materi pokok.
Dengan
mengggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya’ muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk
:
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam mteri pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk
Santri mampu membaca, memahami, berbicara
dan menulis dalam insya muwajjah sesuai tema dalam materi pokok dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Selain
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam bentuk materi pokok.
|
KELAS III (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal Akhlak Mahmudah serta
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1.
Menyebutkan pengertian akhlak mamhmudah
1.2.
Menyebutkan akhlak mahmudah kepada Allah..
1.3.
Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada Allah (Syukur,Sabar,
Ikhlas).
1.4. Mengenal
kiah orang-orang yang bersyukur, sabar, ikhlas.
1.5. Menyebutkan dalil-dalil tentang berakhlak mahmudah
kepada Allah (syukur, Sabar, Ikhlas).
|
2.
Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.
Menyebutkan akhlak mahmudah kepada diri sendiri..
2.2.
Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada diri sendiri meliputi
Qana’ah, Tawadlu’, Syaja’ah, dan samahah.
2.3. Mengenal
kisah orang-orang yang Qana’ah, Tawadlu’, Syaja’ah, dan Samahah.
2.4. Menyebutkan dalil-dalil tentang Qana’ah
Tawadlu’, Syaja’ah, dan Samahah.
|
KELAS IV (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam
kehidupan sehari-hari.
|
1.1.
Menyebutkan akhlak mahmudah kepada orang lain.
1.2.
Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada orang lain (kasih sayang,
ukhuwah, sakha/dermawan, senang menolong, tawadlu’, dan pemaaf.
1.3.
Mengenali kisah orang-orang yang berperilaku kasih sayang,
ukhuwah,sakha/dermawan, senang menolong, tawadlu’ dan pemaaf.
1.4.
menebutkan dalil-dalil tentang kasih sayang ukhuwah, sakha/dermawan,
senang menolong, tawadlu’,dan pemaaf.
|
2.
Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.
Menyebutkan akhlak mahmudah kepada alam lingkungan.
2.2.
Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada diri sendiri meliputi
Qana’ah, Tawadlu’, Syaja’ah, dan samahah.
2.3. Mengenal
kisah orang-orang yang Berprilaku cinta kebersihan , sayang binatang, sayang
tumbuh-tumbuhan, dan cinta lingkungan sehat
2.4. Menyebutkan dalil-dalil tentang cinta
kebersihan, sayang binatang, sayang tumbuh-tumbuhan dan cinta lingkungan
sehat
|
3. Membiasakan diri menjauhkan diri dari akhlak
Madzmumah dalam kehidupan sehari-hari, cinta kebersihan, saying binatang,
saying tumbuh-tumbuhan dan cinta lingkungan sehat.
|
3.1.
Menyebutkan pengertian akhlak madzmumah
3.2.
Menyebutkan akhlak madzmumah kepada Allah Swt.
3.3.
Menjauhkan diri dari syirik, munafik, dan fasik
3.4. Mengenal
kisah akibat bagi orang-orang yang syirik, munafik, dan fasik.
3.5.
Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan syirik, munafik, dan fasik.
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH
DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT
AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Tarikh
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN TARIKH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Tarikh dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal sejarah Nabi-Nabi selain belum
Nabi Muhammad SAW.
|
1.1.
Mendengarkan sejarah Nabi Adam AS
1.2.
Mendengarkan sejarah Nabi Idris AS
1.3.
Mendengarkan sejarah Nabi Luth AS
1.4.
Mendengarkan sejarah Nabi Hud AS
|
2.
Mengenal sejarah Nabi-Nabi selain Ulul Azmi
|
2.1 Mendengarkan sejarah Nabi SolehAS
2.2.
Mendengarkan sejarah Nabi Zakariya AS
2.3.
Mendengarkan sejarah Nabi Yahya AS
|
3. Mengenal
sejarah Nabi-Nabi Ulul Azmi
|
3.1.
Mendengarkan sejarah Nabi Ilyas AS
3.2.
Mendengarkan sejarah Nabi Ilyasa AS
3.3.
Mendengarkan sejarah Nabi Dzulkifli AS
3.4.
Mendengarkan sejarah Nabi Ismail AS.
3.5.
Mendengarkan sejarah Nabi Ishak AS.
3.6.
Mendengarkan sejarah Nabi Yusuf AS.
3.7.
Mendengarkan sejarah Nabi Ya’kub AS
3.8. Mendengarkan sejarah Nabi Syu’aib AS
3.9. Mendengarkan sejarah Nabi Harun AS
3.10. Mendengarkan sejarah Nabi
Sulaiman AS
3.11. Mendengarkan sejarah Nabi
Dawud AS
3.12. Mendengarkan sejarah Nabi
Nuh AS
3.13. Mendengarkan sejarah Nabi
Ayub AS
3.14. Mendengarkan sejarah Nabi
Musa AS.
3.15. Mendengarkan sejarah Nabi
Isa AS
3.16. Mendengarkan sejarah Nabi
Ibrahim AS
|
4. Mengetahui
Kondisi Jazirah Arab sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
4.1.
Mengetahui Peta jazirah Arabia
4.2.
Mengetahui Keyakinan masyarakat jahiliyah
4.3. Mengetahui
Kondisi social ekonomi
4.4.
mengetahui Kondisi Sosial Politik.
4.5.
Mengetahui suku-suku bangsa Arab
4.6.
Mengetahui Kebudayaan masyarakat jahiliyah
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menenal sejarah Nabi Muhammad SAW. Pada masa kelahirannya.
|
1.1.
Mendengar peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW.
1.2.
Peristiwa-peristiwa penting pada masa kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
2. Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada
masa kecil.
|
2.1. Mendengar
figure ayah dan ibu mahammad SAW.
2.2.
Mendengar sejarah Muhammad dalam asuhan ibu kandungnya
2.3.
Mendengar sejarah Muhammad dalam asuhan orang lain
2.4.
Mendengar peristiwa wafatnya ibu kandng Muhammad SAW.
2.5.
Mendengar sejarah Muhammad SAW. dalam asuhan kakeknya (Abdul
Muththalib)
2.6.
Mendengar sejarah Muhammad SAW dalam asuhan Pamannya (Abu Thalib)
2.7.
Mendengar sosok Nabi Muhammad sebagai pengembala kambing
2.8.
Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Muhammad SAW. di masa kecil
2.9. Menyebut
sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Muhammad di masa kecil.
10.2.Menunjukkan perilaku mencontoh sifat terpuji
Nabi Muhammad SAW di masa kecil..
|
3. Mengenal
sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa dewasa
|
3.1.
Menceritakan kisah Muhammad SAW saat mengikuti pamannya berdagang.
3.2.
Menceritakan kisah Muhammad SAW saat dipercaya membawa barang dagangan
Siti Khadijah.
3.3.
Menyebutkan sebab-sebab keberhasilan perdagangan Nabi Muhammad SAW.
3.4.
Menampilkan perilaku Nabi yang dapat ditauladani dalam bidang
perdagangan.
3.5.
Menceritakan proses peristiwa pernikahan Muhammad SAW dengan Siti
Khadijah.
3.6.
Menyebutkan keteladanan Muhammad SAW dan Khadijah dalam membina
keluarga.
3.7
Mencerminkan perilaku pentingnya mencontoh keluarga Muhammad SAW dalam
keluarga dan lingkungan.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal sejarah Nabi uhammad SAW pada
masa Kenabian Periode Mekah
|
1.2. Menceritakan kehidupan Muhamad SAW menjelang pengangkatan
kenabian
2.2.
Menceritakan kisah pengangkatan kenabian Muhammad SAW.
3.2.
Menceritakan keadan Muhammad dan keluarga di awal kerasulannya.
4.2. Mengenal
ayat-ayat al-Qur’an yang turun di masa awal kenabian Muhammad SAW.
5.2.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan penjiwaan terhadap kenabian
Muhammad SAW.
6.2.
Menceritakan tentang da’wah Rasulullah SAW secara sembunyi-sembunyi.
7.2.
menyebutkan nama-nama sahabat yang masuk Islam.
8.2. Menyebutkan pelajaran yang diambil dari metode
berdakwah di masa awal.
9.2.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan penjiwaan terhadap perjuangan
Rasulullah di masa awal da’wah.
|
2.
Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa Kenabian Periode Madinah
|
1.2. Menjelaskan Struktur social masyarakat Madinah
khususnya persaingan antar suku.
2.2. Menyebutkan factor-faktor yang menyebabkan
masyarakat Madinah menerima Islam.
3.2. Menjelaskan keadaan ekonomi masyarakat Madinah.
4.2 Menjelaskan perkembangan da’wah rasulullah di
Madinah.
5.2. Menjelaskan peran Nabi dalam menyatukan
kelompok Muhajirin dan Anshar
6.2.
Menjelaskan perkembangan kondisi social dan kehidupan beragama di
Madinah.
7.2. Menceritakan gangguan kaum kafir Quraisy
terhadap kaum muslimin Mekkah dan Madinah.
8.2. Mengenal peristiwa perang Badar dan Uhud
9.2. Menjelaskan peristiwa perjanjian Hudaibiyah
10.2.Mencerminkan perilaku toleransi dalam dalam
beragama sebagaimana keragaman agama di Madinah.
11.2. Mengenal sebab-sebab dan peristiwa peperangan
yang diikuti Rasulullah (ghazwah)
12.2. Mengenal sebab-sebab dan peristiwa peperangan
yang diikuti sahabat Rasulullah (Sariyyah)
13.2. Menyebut nama-nama peperangan yang diikuti
Rasulullah dan para Sahabatnya.
14.2. Mencerminkan sikap anti kekerasan dalam
berda’wah dan menanamkan metode da’wah secara damai.
|
3.
Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada Masa akhir hayatnya.
|
3.2. Menjelaskan
peristiwa Haji wada’
3.3. Menjelaskan
peristiwa Amul Fath
3.4. Memahami
isi khutbah haji wada’
3.5. Menceritakan
kisah wafatnya Rasulullah SAW.
3.6. Memahami
Muhammad, Nabi/Rasul akhir zaman
|
KELAS IV (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal Sejarah Islam masa kahlifah Abu
Bakar
|
1.1.
Menerangkan sissilah dan kedudukan Abu Bakar Siddieq
1.2.
menjelaskan kehidupan Abu Bakar As-Siddieq sebelum dan setelah masuk
Islam dan hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.
1.3.
menerangkan persahabatan dan
kesetiaan Abu Bakar ra terhadap Rasulullah SAW dalam berda’wah.
1.4.
mencerminkan perilaku meneladani sifat-sifat kemulyaan Abu Bakar ra.
|
2. Mengenal
sejarah Islam masa khalifa Umar bin Khattab
|
2.1.
menerangkan silsilah dan kedudukan Umar Bin Khatthab ra.
2.2.
Menjelaskan kehidupan Umar bin Khaththab ra sebelum dan setelah masuk
Islam dan hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.
2.3.
Menerangkan persahabatan dan kesetiaan Usman Bin Affan ra terhadap
Rasulullah SAW dalam berda’wah.
2.4. Mencerminkan perilaku meneladani sifat-sifat
kemulyaan Umar Bin Khaththab ra..
|
3. Mengenal
Sejarah Islam masa Khalifah Utsman bin Affan
|
3.2.Menerangkan silsilanh dan
kedudukan Usman bin Affan ra
3.3.Menjelaskan kehidupan Usman
bin Affan ra sebelum dan setelah masuk Islam dan hubungannya dengan Nabi
Muhammad SAW
3.4.Menerangkan persahabatan dan
kesetiaan Usman bin Affan ra terhadap Rasulullah SAW dalam berda’wah.
3.5.Mencerminkan perilaku
meneladani sifat-sifat kemulyaan Usman bin Affan ra.
|
4. Mengenal sejarah Islam masa khalifah Ali bin Abi
Thalib
|
3.2. menerangkan silsilah dan kedudukan Ali bin Abi
Thalib ra.
3.3.
Menjelaskan kehidupan Ali bin Abi Thalib ra sebelun dan setelah masuk
Islam dan Hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.
3.4.
Menerangkan persahabatan dan kesetiaan Ali bin Abi Thalib ra terhadap
Rasulullah SAW dalam berda’wah.
3.5.
Mencerminkan perilaku meneladani sifat-sifat kemulyaan Ali bin Abi
Thalib ra.
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH
DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT
AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Bahasa Arab dan
mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mampu membaca dan meunulis teks berbahasa
Arab yang sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata
pelajaran Al-Qur’an, Hadis, aqiqah,akhlak, fiqih, dan tarikh
|
3.1. Membaca
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam materi pokok dangn
menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran. (1 JP =
35 menit x 4 JP = 140 menit).
3.2. Menyalin
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam materi pokok dengan
menggunakan mufradat baru tersebut.
3.3.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
|
2. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis,
aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh.
|
4.1 Membaca
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. Menyalin
Teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dalam materi
pokok dengan menggunakan mufradat baru tersebut.
4.3.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikh dengan penekanan pada pemahaman tentang klasifikasi kata (isim
[benda=sifat, huruf]
|
1.1. membaca
teks berbahasa arab sederhana yang sesuai dengan tema dlam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
1.2. menulis
teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dlam materi
pokok dengn menggunkan mufradat baru.
1.3.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
1.4. Mengenal
unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa Arab yang meliputi
|
2. Menguasai
120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran
al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan pada
struktur kalimat sederhana (kalam, kalim, qaul, kalimah, jumlah).
|
4.1. Membaca
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 10-15
mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. menulis
teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dalam materi
pokok dengn menggunakan mufradat baru.
4.3.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
4.4. Mengenal
unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa Arab yang meliputi
|
3. Menguasai
120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata
pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan
pada struktur kalimat yang sederhana.
|
4.1. Membaca
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan
10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. menulis
teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dlam materi
pokok dengn menggunkan mufradat baru.
4.3.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
4.4.
Melakukan Dialog (muhadatsah) sederhana
4.5. Mengenal
unsur-unsur kalimat dalam struktur bahasa arab yang meliputi
|
KELAS III (ULA / AWALIYAH) semester
1 dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat sederhana (mubtada dan khabar)
|
5.1. Membaca
teks berbahasa arab sederhana yang sesuai dengan tema dlam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
5.2. menulis
teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dlam materi
pokok dengn menggunkan mufradat baru.
5.3.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
5.4. Mengenal
unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa Arab yang meliputi :
|
2. Menguasai
120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata
pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan
pada struktur kalimat sederhana yang meliputi
|
6.1. Membaca
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan
10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
6.2. menulis
teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dalam materi
pokok dengn menggunakan mufradat baru.
6.3. Menyebutkan
mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
6.4.
Melakukan dialog (muhadatsah) sederhana.
6.4. Mengenal
unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa Arab yang meliputi
|
KELAS IV (ULA / AWALIYAH) semester 1
dan 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis,
aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan pada sruktur kalimat
sederhana.
|
1.2. Memahami teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
2.2. menulis
sesuai tema dalam materi pokok dengn menggunkan 50 -75mufradat baru.
3.2.
Menyebutkan mufradat baru beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
4.2. Melakukan
Dialog (muhadatsah) sederhana.
5.2 Mengenal
unsure-unsur kalimat dalam struktur bahasa arab.
|
2.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikhdengan penekanan pada struktur kalimat sederhana.
|
1.2. Memahami teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 50-75 mufradat baru
2.2. menulis sesuai tema dalam materi pokok dengn
menggunkan 50 -75mufradat baru.
3.2. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
4.2 Melakukan
Dialog (muhadatsah) sederhana
5.2. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam struktur
bahasa arab.
|
syetan selalu berjuang mencari teman
BalasHapusterima kasih saya sudah meng-copy, SKKD MDA, semoga menjadi amal yang baik
BalasHapuskok kelas 5 dan 6 nya gk ada??
BalasHapusyang ulya kok gak ada y
BalasHapusmohon keikhlasannya, saya minta kopian kurikulum ini. semoga Allah memberikan pahala dunia akhirat, amiin. terimakasih.
BalasHapusmohon ijin saya u copy serta kurikulumnya, terima kasih, semoga allah membalas semua kebaikannya
BalasHapushatur nuhun akhii...
BalasHapushatur nuhun kang
BalasHapusadmin buku pelajarannya juga di post yang berbentuk pdf
BalasHapusjazakumullah khoiron katsiro
BalasHapussama-sama
BalasHapusjazakumulloh khoiron
BalasHapussyukron atas sk kd nya
BalasHapusDarsin 18 Februari 2019 Sukron SK KDnya
BalasHapussemoga bisa ikut menyebarkan ilmu dan jariyah yang memposting, izin copy ...
BalasHapusTogel Haram sama kaya judi,buat apa bawa2 alhmdulillah kalo mensyukuri perkara haram. Masih banyak perusahaan lain selain judi .
BalasHapusKelas 5 dan 6 gak ada
BalasHapus